Frequently Ask Questions
Apakah PT Al Ijarah Indonesia Finance (AL IJARAH)?
PT AL IJARAH Indonesia Finance atau AL IJARAH brand retail multi finance yang menawarkan produk dan layanan finansial yang menguntungkan dan menyenangkan yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia secara universal.
Kapan AL IJARAH mulai beroperasi?
AL IJARAH yang didirikan para tanggal 12 Desember 2005, mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus 2007. AL IJARAH diresmikan oleh Mentri Keuangan Republik Indonesia saat itu Prof.Dr. Boediono.
Apa makna logo Al IJARAH, visi misi & value yang diusung AL IJARAH?
Makna logo, visi dan misi juga budaya kerja AL IJARAH yaitu BEKERJA ADALAH IBADAH serta value nya adalah BERNILAI DAN UNIVERSAL
Siapakah pemegang saham AL IJARAH saat ini?
AL IJARAH merupakah anak perusahaan lembaga keuangan syariah Indonesia dan internasional yaitu Bank Muamalat Indonesia(BMI), Boubyan Capital-Kuwait & Alpha Lease and Finance Holding B.S.C (Alpha) Bahrain.
Siapakah Management AL IJARAH?
Susunan management AL IJARAH saat ini sebagai berikut:
Komisaris Utama : Adrian Asharyanto Gunadi
Komisaris : Matloob Khan
Komisaris : Abdullah Al Najran Al Tuwaijri

Direktur Utama : Herbudhi Setiotomo
Direktur : Iman Budi Utama
Direktur : Arief Indra Nurhari

Disamping itu, untuk memastikan bahwa seluruh produk & aktifitas bisnisnya berjalan sesuai kaidah-kaidah syariah, AL IJARAH memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS), sebagai berikut:
Ketua : Prof.Dr. Umar Shihab SH
Anggota : Prof.Dr. Muwardi Chatib
Dimanakah Kantor Pusat AL IJARAH?
Kantor pusat AL IJARAH beralamat di: Gedung Arthaloka, lantai 3
Jln. Jend. Sudirman Kav.2, Jakarta Pusat.
Apa perbedaan mendasar antara pembiayaan konvensional dan syariah ?
Pembiayaan berdasarkan konsep syariah melarang hal-hal yang terbukti dapat merugikan sebelah pihak, seperti riba, maysir, gharar & bathil. Sedangkan pembiayaan secara konvensional tidak mengatur nilai-nilai tersebut.
Apakah landasan operasional AL IJARAH?
Landasan operasionalnya adalah Fatwa Dewan Syariah Nasional, Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) yang bersumber kepada Al Quran & Hadits, serta rujukan keilmuan lainnya. Selain itu pula AL IJARAH merujuk kepada peraturan pemerintah yang berlaku, seperti aturan yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK).
Apa pengertian Riba dalam pandangan islam dan non islam ?
Pada dasarnya Riba atau nilai / pertambahan yang tidak sah secara Syariah, yang juga diakui bahwa riba adalah perbuatan batil dalam agama samawi sebelum Islam, yaitu yahudi dan nashrani.
Apa saja skema & Produk Pembiayaan di AL IJARAH?
AL IJARAH memiliki produk-produk unggulan yang mengacu kepada beberapa skema pembiayaan syariah, yaitu jual beli dengan margin yang disepakati (Murabahah), sewa (Ijarah), dan sewa beli (Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT).
Apa yang di maksud dengan Murabahah?
Murabahah adalah akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh AL IJARAH dan pembeli.
Apa yang dimaksud dengan Sewa-Beli / Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT)
Ijarah Muntahiyah Bittamlik (IMBT) merupakan sebuah perjanjian pembiayaan antara AL IJARAH dengan konsumen, dengan persetujuan membayar uang sewa atas suatu barang selama masa sewa yang disepakati. Pada akhir masa sewa, AL IJARAH memiliki hak opsi untuk memindahkan kepemilikan barang yang menjadi milik penyewa.
Apa saja Produk pembiayaan yang tersedia di AL IJARAH?
(1) Produk pembiayaan investasi
(2) Pembiayaan konsumen untuk pribadi
(3) Pembiayaan Komersil
Apa saja segmen pembiayaannya?
Segmen pembiayaan AL IJARAH yaitu, pembiayaan Usaha Kecil & Menengah (UKM), pembiayaan dealer dan pembiayaan armada.
Apakah pembiayaan PT. AL IJARAH berlaku untuk semua?
Benar, pembiayaan syariah dari PT. AL IJARAH berlaku untuk semua individu maupun badan usaha.
Prinsip-prinsip utama dalam pembiayaan Syariah adalah:
a. Universal, artinya berlaku untuk semua kalangan tanpa membedakan suku agama dan ras.
b. Certainty, artinya semua isi perjanjian atau disebut akad harus jelas.
c. No Mixing, artinya pembiayaan berdasarkan nilai-nilai syariah ini tidak boleh bercampur antara yang halal dengan haram.
d. Openness, artinya kejujuran dari para pihak.
e. Fairness, berlaku adil bagi semua pihak yang bertransaksi, tidak boleh berlaku curang / zhalim
f. Transparency, artinya semua hak & dan kewajiban yang terkait pembiayaan diungkapkan secara jelas.
Apa saja faktor yang mempengaruhi perhitungan margin (keuntungan) jual beli pada lembaga keuangan syariah?
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi margin jual-beli (murabahah) yaitu: sumber dana (source of fund), tingkat inflasi, BI rate, jumlah plafond & tingkat risiko.
Bagaimana contoh perhitungan harga jual dalam pembiayaan murabahah?
Ada beberapa cara untuk menghitung margin/laba yang diperoleh lembaga keuangan syariah dalam akad jual beli (murabahah), salah satunya sebagai berikut:

Atas dasar dana yang berikan/pembiayaan jual beli kepada nasabah, bank syariah menerapkan keuntungan transaksi misalkan 12%, kemudian jika dibayar satu atau dua tahun maka untuk menstabilkan daya beli uang tersebut bank syariah dapat menambahkan sejumlah 2x inflasi dua tahun yang akan dating. Misalkan, diperkirakan inflasi 5% per tahun maka faktor penyeimbang daya beli untuk dua tahun = 2 x 5% = 10%. Jadi, selama dua tahun nasabah mengangsur pokok pinjaman ditambah keuntungan dan inflasi, yaitu 10% + 12% = 22%.
bila kita buat dalam bentuk Rumus harga jual, maka dapat dilihat sebagai berikut:
Harga jual = harga pokok aktiva murabahah / jumlah pembiayaan + (inflasi x n) tahun + laba satu kali
Bagaimanakah cara pembayaran pembiayaan kepada AL IJARAH?
Pembayaran pembiayaan / pelunasan dapat dilakukan secara tunai atau tangguh Pembayaran tangguh adalah pembayaran yang dilakukan tidak pada saat barang diserahkan kepada pembeli tetapi pembayaran dilakukan dalam bentuk angsuran atau sekaligus pada waktu tertentu.
Apakah ketika nasabah mendapatkan pembiayaan AL IJARAH wajib mengambil asuransi Syariah kendaraan bermotor ?
Benar, karena pada dasarnya bertransaksi secara syariah wajib dilakukan pada semua lini bisnis, baik perbankan, investasi, pembiayaan maupun asuransi. Selain itu juga untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang lebih adil / sesuai syariah.
Apakah dibolehkan mengenakan sanksi atas nasabah mampu yang menunda-nunda pembayaran?
Benar, bahkan pemilik piutang wajib menagih pihak yang menunda-nunda pembayaran. Karena pada prinsipnya adalah menyelamatkan nasabah dari hambatan didunia dan di akhirat. Karena Rasulullah SAW memerintah kepada pihak yang berhutang untuk melunasi segera. Hal ini sesuai pula dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia Nomor 19/DSN-MUI/IV/2001.
Apakah prinsip syariah membenarkan ganti rugi (ta’widh) kepada nasabah yang menyalahi akad?
Benar, prinsip syariah membolehkannya lembaga keuangan syariah untuk meminta ganti rugi kepada nasabah yang menyalahi akad dalam skema pembiayaan jual beli (murabahah), salam, istishna’ maupun sewa (Ijarah) dan sewa yang berakhir dengan hibah atau jual beli, yang dikenal Ijarah Muntahiyah Bit-Tamlik (IMBT). Ketentuan ini diatur dalam fatwa DSN-MUI nomor: 43/DSN-MUI/VIII/2004.
Apakah prinsip syariah membenarkan pembebanan biaya adminstrasi kepada nasabah?
Benar, biaya administrasi dibenarkan & menjadi kewajiban nasabah untuk membayarnya, dan sesuai pula dengan salah satu butir dari fatwa diatas.
Bagaimana cara mendapatkan pembiayaan dari AL IJARAH?
Untuk mendapatkan pembiayaan dari AL IJARAH dapat menghubungi kantor pusat, kantor-kantor cabang maupun POS (Point of Sales) AL IJARAH atau mengunjungi website Al IJARAH : www.alijarahindonesia.com
Bagaimana cara penyelesaian masalah pembiayaan di AL IJARAH?
Al Ijarah mengendepankan musyawarah untuk penyelesaian masalah yang baik. Apabila tidak ditemukan jalan keluar, Al IJARAH menggunakan Badan Arbritase Syariah Nasional (BASYARNAS).
Bagaimanakah cara menjadi nasabah setia Al Ijarah?
Silahkan datang ke cabang-cabang Al Ijarah terdekat di kota anda dan customer service kami akan melayani anda.
Bagaimana caranya menjadi nasabah Al Ijarah?
Datang saja ke cabang-cabang Al Ijarah terdekat di kota anda dan customer service kami akan melayani anda.